bebas merdeka

welcome to freedom area

rapatkan tangan hadapi dunia,ringankan tangan kepada sesama,bebaskan ilusi menyusuri luasnya dunia.

Monday, June 18, 2012

Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Sebelum saya memaparkan sedikit tentang Tempat wisata di NTB,alangkah arifnya kalau saya sedikit memperkenalkan tentang NTB itu sendiri.Karena bagi sebagian orang yang belum tau Nusa Tenggara Barat,pasti timbul pertanyaan Dimanasih NTB itu?..nah untuk menjawab pertanyaan itu,ini nih sedikit infonya Nusa Tenggara Barat.

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

Batas wilayah
Utara         Laut Flores
Selatan      Samudra Hindia
Barat         Provinsi Bali
Timur        Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pemerintahan
Kabupaten dan Kota
No.     Kabupaten/Kota                    Ibu kota
1     Kabupaten Bima                       Talabiu
2     Kabupaten Dompu                    Dompu
3     Kabupaten Lombok Barat         Mataram
4     Kabupaten Lombok Tengah      Praya
5     Kabupaten Lombok Timur       Selong
6     Kabupaten Lombok Utara        Tanjung
7     Kabupaten Sumbawa                Sumbawa Besar
8     Kabupaten Sumbawa Barat      Taliwang
9     Kota Bima                                 Raba
10   Kota Mataram                           Ampenan

Peta Nusa Tenggara Barat


Itulah sedikit info tentang Nusa Tenggara Barat,sekarang kita masuk ke tempat pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Barat.Pariwisata di Nusa Tenggara Barat sendiri tidak secemerlang pariwisata tetangganya yaitu Bali..Padahal di Nusa Tenggara Barat sendiri tempat wisatanya cukup banyak dan tidak kalah jauh dengan Bali.Disini saya akan berbagi info tentang tempat wisata di Nusa Tenggara Barat,walaupun ini hanya sebagian kecilnya saja.

Pulau Lombok

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.
Pantai senggigi dari atas


Pantai senggigi
Sunset Di Pantai Senggigi


Tidak jauh dari Pantai senggigi anda bisa menikmati indahnya Pura Batu Bolong yang ada sejak tahun 1949
Sunset Di Pura Batu Bolong Lombok


Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.Batu Layar

Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat " Lebaran topat " yang merupakan lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri.


Pantai Kuta, Lombok

Pantai Kuta Lombok adalah tempat wisata kedua di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok1
Pantai Kuta Lombok,View dari Bukit


 3 Gili
Gili Terawangan,Gili Meno,gili Air

Gili Trawangan
Gili Terawangan

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Dermaga Gili Terawangan



Pantai Gili Terawangan


Senja Di Gili Terawangan Dengan View Gunung Agung Bali

Gili Meno
Gili Meno
Pantai Gili Meno
Gili Meno Dengan View Gili Air n Rinjani


Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik.


Gili air
Gili Air

gili air adalah gili paling kecil diantara ketiga gili,letaknya paling ujung timur.Gili ini sangat cocok dengan wisatawan yang suka ketenangan,dengan nuansa alam yang eksotis.
Sepanjang Pantai Gili Air

Ketenangan Pantai Gili Air


Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.
Gunung Baru Jari


Menuju Danau Segara Anak

Pulau Sumbawa

Pulau moyo
Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa besar. Pulau dengan luas 32.044,86 ha ini berpenduduk 1.944 jiwa (sensus 2010). Pulau ini dijadikan Taman Wisata Alam Laut dengan luas 6.000 hektar sejak dikeluarkan surat keputusan menteri Kehutanan dan Perkebunan no. 308/KPTs-11/1986 pada tanggal 29 September 1986 dan dibawah pengendalian Badan Konservasi sumber daya alam Nusa Tenggara Barat.
Pesona Pulau Moyo

Air Terjun Pulau Moyo
Pesona Pantai Pulau Moyo

Pantai maluk
Pantai Maluk terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk ini wisatawan bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Bukan hanya itu. Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar
Pantai Maluk

Pantai Lakey
selain terkenal dengan ombaknya, Lakey Beach juga di kenal karena keindahan alamnya.. kondisi pasir putih pantai yang sangat bersih dan warna laut yang begitu biru langsung menyegarkan mata kita. batuan koral disekitar pantai ikut melengkapi keindahan yang kita saksikan di Lakey Beach..

Setiap tahunnya pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan asing, khususnya antara bulan April sampai Oktober -dimana kondisi ombak dan angin sedang bagus-bagusnya.. berselancar di Lakey Beach merupakan tantangan tersendiri karena ombak pantai ini merupakan ombak kidal. disebut demikian karena sapuan ombaknya ke arah kiri.. berbeda dengan ombak-ombak biasa yang cenderung ke kanan. kegiatan berselancar dapat dilakukan dibeberapa titik yang mempunyai ombak besar seperti Lakey Peak, Lakey Pipe, Nungas, dan Periscope, dll.. selain surfing [selancar], kita juga banyak menemui kegiatan wind surfing [selancar angin] dan kite surfing [selancar layang-layang] di sekitar pantai ini.. seperti juga di G-Land Banyuwangi, di Lakey Beach juga sering diadakan kontes surfing internasional yang diikuti para peselancar dunia.
Ombak Lakey

Pantai Lakey
Surfing Di Lakey

Gunung Tambora
Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima (bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara), Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya pada 8°15' LS dan 118° BT. Gunung ini terletak baik di sisi utara dan selatan kerak oseanik. Tambora terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya. Hal ini meningkatkan ketinggian Tambora sampai 4.300 m yang membuat gunung ini pernah menjadi salah satu puncak tertinggi di Nusantara dan mengeringkan dapur magma besar di dalam gunung ini. Perlu waktu seabad untuk mengisi kembali dapur magma tersebut.
Aktivitas vulkanik gunung berapi ini mencapai puncaknya pada bulan April tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index.Letusan tersebut menjadi letusan tebesar sejak letusan danau Taupo pada tahun 181.Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatra (lebih dari 2.000 km). Abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut.Bahkan beberapa peneliti memperkirakan sampai 92.000 orang terbunuh, tetapi angka ini diragukan karena berdasarkan atas perkiraan yang terlalu tinggi.Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai Tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara yang menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19.Selama penggalian arkeologi tahun 2004, tim arkeolog menemukan sisa kebudayaan yang terkubur oleh letusan tahun 1815 di kedalaman 3 meter pada endapan piroklastik.Artifak-artifak tersebut ditemukan pada posisi yang sama ketika terjadi letusan pada tahun 1815. Karena ciri-ciri yang serupa inilah, temuan tersebut sering disebut sebagai Pompeii dari timur.
Gunung Tambora

Kawah Tambora

Pantai lawata
Nama Lawata tentu tidak asing lagi bagi msyarakat Bima maupun NTB. Nama Pantai yang indah di pintu masuk Kota Bima ini memang sudah sejak lama menjadi obyek wisata andalan bagi Kota Bima.

Pantai Lawata

Pulau Ular
Jika anda ingin merasakan sensasi ketegangan sambil berwisata, mungkin Wisata Pantai Pulau Ular bisa menjadi alternatif anda. Pulau Ular berada di tengah perairan bagian timur wilayah Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terletak bersebelahan dengan dua obyek wisata andalan daerah Kabupaten Bima, yaitu Pulau Gilibanta dan Torowamba.
Pulau Ular
Jenis Ular Yang Ada Di Pulau Ular

Pantai Torowamba
Pantai ini terletak di ujung timur nusa tenggara barat,tepatnya dikecamatan sape kabupaten bima,Pantai Torowamba boleh dibilang unik. Ia memiliki sebuah tanjung dengan perpaduan dua arus. Selain itu pasirnya juga putih tidak kalah menawan. Sayang lokasinya yang sangat sulit dicapai tersebut membuatnya terbengkalai. Malah ia terkurung tambak-tambak udang di kiri-kanannya.
Pantai Torowamba
Cottage Di Pantai Torowamba
Pantai Torowamba

Pulau Gili Banta
Pulau Gili Banta adalah salah satu pulau tak berpenduduk yang ada di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sendiri di kelilingi oleh pantai dan laut dengan beragam biota laut serta terumbu karang yang beraneka jenis. Pulau Gili Banta terkenal dengan pantainya yang indah dan sering dikunjungi oleh penyu hijau untuk bersarang, mayoritas pengunjung adalah para penyelam untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya. Pemandanga bawah laut pulau Gili Banta ini terdiri dari formasi karang dan biota laut termasuk ikan hiu.

Bagi anda yang memiliki kemampuan dan hobby untuk berwisata petualang, tidak ada salahnya anda mencoba mengarungi selat Sape ke arah timur untuk mengunjungi Selat Gili Banta. Dari dulu, selat Gili Banta terkenal dengan arusnya yang deras dan ganas. Sehingga setiap kapal yang melewati selat ini harus berhati-hati.
Pulau Gili Banta
Pesona Bawah Laut Gili Banta

Itulah sebagian kecil tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat,tempat wisata yang gak kalah seru di NTB akan ada posting lanjutan...

Dari berbagai sumber...

No comments:

Post a Comment